Mahfud MD Minta Forkopimda Waspada, Cek Kesiapan Antisipasi Karhutla Di Kantor BNPB

JAKARTA – Jakarta Timur, Konsultan Koordinator Bidang Politik Hukum dalam Rabu dan MD Bersama Menteri Lingkungan Hidup Keimanan Mahfud dan Kehutanan Kota Nurbaya Bakar Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto Meninjou Kantor BNPB (25 Jan 2023).

peninjaun tursbut, kata mahfud md, guna memeriks kasiapan dan antisepsis derah-derah yang rawan kabkaran hutan dan lahan (karhutla).

Uraian Singkat, Kata Mahfud MD, Korganisasi Melingkupi, Personalia, Chief Technology atau pihak lain yang berwenang menangani karyawannya.

Secara khusus, Mahfud MD mengelola BNPB dalam posisi dimana BNPB mengelola secara real time di Indonesia.

Selain itu, kata Mahfud MD, dalam kunjungan tersebut ia juga melihat ruangan di BNPB yang bisa menampilkan kondisi dan situasi di tempat-tempat yang rawan karhutla di seluruh Indonesia secara realtime.

Sehingga, kata dia, kegiatan BPBD terkait Karhutla dapat terpantau dengan baik.

“Saya berharap kepada semua pimpinan daerah, Forkopimda yang mempunyai hutan yang rawan dengan kebakaran supaya dari sekarang waspada,” kata Mahfud MD saat konferensi pers di kantor BNPB Jakarta Timur pada Rabu (25/1/2023).

“Karena dulu, ada gurauan, kalau sudah menjelang tahun politik biasanya orang lalai, banyak yang kerja politik dan macam-macam sehingga tidak waspada. Diharapkan ini tidak terjadi,” sambung Mahfud.

Mahfud MD juga mengajak seluruh elemen untuk mempertahankan prestasi nasional di mana selama beberapa tahun terakhir sudah sepi gugatan-gugatan dan protes dunia internasional terkait karhutla.

Menurutnya, hal tersebut karena Indonesia berhasil mengendalikan kebakaran hutan dan lahan sehingga tidak mengganggu warga negara atau wilayah negara lain.

Ia pun kembali menekankan agar Forkopimda dan Pemda terus waspada dan terus menjalin komunikasi kepada BNPB.

“Karena saya lihat juga BNPB siap 24 jam berkomunikasi dengan daerah-daerah untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan jika terjadi sesuatu,” kata Mahfud.

Selain itu, ia mengimbau kepada perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan pengeolaan hutan agar tetap dalam posisi seperti belakangan ini yaitu ikut menjaga bersama.

Karena, kata dia, apabila terjadi sesuatu, maka kerugian-kerugian yang timbul juga akan menimpa perusahaan-perusahaan.

“Pun kepada masyarakat, pemerintah sudah mengelola keterlibatan mereka dalam kegiatan untuk sama-sama menanggulangi dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di dalam berbagai posisi dan tugas yang diberikan oleh pemerintah,” kata Mahfud.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *