Ketum PSSI Iwan Bule Angkat Bicara, Oknum Suporter Timnas Indonesia Berulah Di Piala AFF 2022

Ketua Umum PSSI,  Mochamad Iriawan mengeluarkan pernyataan resmi pada Kamis (29/12/2022) kemarin terkait perilaku sejumlah suporter Timnas Indonesia saat bertanding melawan Thailand.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu meminta maaf atas sikap negatif suporter timnas Indonesia di Gelora Bung Karno.

Seperti diketahui, beberapa suporter timnas Indonesia sempat membuat kerepotan dengan beberapa ulah yang tidak sedap dipandang, salah satunya terhadap tim tamu Thailand.

Aksi-aksi negatif tersebut berkisar dari melempar batu dan menghentikan bus hingga suporter nakal yang merebut bendera Thailand di dalam dan di luar stadion.

Tak hanya timnas Thailand yang menyesali perbuatannya, suporter timnas Indonesia menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih Garuda.

Presiden PSSI Ivan Bole baru-baru ini mengeluarkan pernyataan sebagai permintaan maaf atas insiden yang terjadi pada pertandingan antara Indonesia dan Thailand.

Perwakilan PSSI Iwan Bule dan seluruh masyarakat Indonesia meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada tim Thailand selama pertandingan kemarin.

Bahkan, tak hanya timnas Thailand, Iwan Bule juga meminta maaf kepada masyarakat Thailand atas perilaku memalukan banyak suporter timnas Indonesia.

Pernyataan permintaan maaf dari ketua PSSI Iwan Bule.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan.

Selamat Sejahtera bagi kita semua.

Saya Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI atas Nama Federasi Sepakbola Indonesia serta seluruh masyarakat sepakbola Indonesia, memohon maaf kepada seluruh pemain, Official Team, Federasi Sepakbola Thailand @changsuek , serta seluruh masyarakat Thailand.

Atas ketidaknyamanan yang terjadi jelang laga lanjutan AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 yang berlangsung kemarin.

Kami terlalu percaya diri dengan membiarkan Timnas Thailand menuju venue pertandingan dari hotel hanya menggunakan 1 mobil pengawalan saja. Kami tidak pernah menduga dan sangat menyesal atas kejadian kemarin.

Semoga Pemain, Official, Federasi, dan Seluruh Masyarakat Thailand dapat memberikan maaf kepada kami dan ini menjadi pelajaran yang amat sangat berharga bagi seluruh masyarakat sepakbola Indonesia.

Kami di Federasi memastikan hal serupa tidak akan terjadi kembali di pertandingan-pertandingan yang akan datang. Cukup lah rivalitas kita hanya di lapangan sepakbola selama 90 menit. Di luar itu kita adalah sahabat.

Analis Taktik Thailand Pertanyakan Keamanan Suporter Timnas Indonesia

Sehari sebelumnya, salah seorang analis taktik Timnas Thailand bernama Luis Viegas mencoba mempertanyakan keamanan suporter Timnas Indonesia.

Luis Viegas merasa timnya tidak nyaman dengan keberadaan beberapa suporter Timnas Indonesia yang menghadang bus Thailand sesaat sebelum memasuki kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022).

Dalam video yang diunggah Luis Viegas melalui akun twitternya @@luisviegasfoot, memang terlihat tak sedikit suporter Timnas Indonesia yang menyambut kedatangan bus Timnas Thailand.

Bahkan, ada beberapa suporter juga yang mencoba bertindak hal negatif terhadap bus Thailand sesaat sebelum masuk kawasan steril Stadion Gelora Bung Karno.

Analis taktik asal Portugal itu pun membubuhkan caption yang cukup menohok terutama bagi keamanan suporter Timnas Indonesia.

Luis Viegas mencoba mempertanyakan mekanisme keamanan yang dijalankan pihak security dalam mengamankan suporter saat menyambut bus tim lawan.

Lebih lanjut, Luis Viegas mempertanyakan kedewasaan suporter Timnas Indonesia setelah tragedi kelam di Stadion Kanjuruhan Malang beberapa waktu lalu.

“Pertandingan pertama bersama penonton setelah tragedi Stadion Kanjuruhan, dimana keamanannya?,” tulis Luis Viegas melalui akun twitter pribadinya.

Setelah melewati kerumunan suporter Timnas Indonesia, akhirnya bus Thailand bisa masuk area Stadion Gelora Bung Karno dengan lancar tanpa hambatan.

Meskipun menurut kabar yang beredar, kaca bus Thailand mengalami pecah di beberapa bagian setelah melewati kerumunan suporter tersebut.

Kejadian ini pun memantik berbagai reaksi terutama dari netizen yang menyayangkan tindak tersebut.

Tak sedikit netizen yang merasa kecewa dengan tindakan oknum suporter tersebut hingga meminta Luis Viegas untuk tidak menghapus videonya.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *