Bank Indonesia Luncurkan 7 pecahan Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2022

Jakarta – Bank Indonesia meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 hari ini. Nominal uang yang dikeluarkan dalam bentuk uang kertas pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000,Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000.

peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Sebagai negara yang berdaulat, Rupiah hadir di setiap sendi kehidupan bangsa Indonesia. Sebagai wujud optimisme agar Indonesia bangkit lebih kuat, Bank Indonesia bersama Pemerintah hari ini Kamis 18 Agustus 2022 dengan ini saya meluncurkan tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah di seluh wilayah kesatuan Republic Indonesia (NKRI).” Kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Perry Warjoyo menyatakan ketujuh pecahan Uang TE 2022 ini menjadi alat pembayaran yang sah mulai 18 Agustus 2022 sehingga melengkapi keberadaan uang rupiah kertas yang telah ada.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia tahun emisi 2022. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomer 13 Tahun 2012 yang diteken pada 6 Juli.

Uang TE 2022 ini tetap mempertahankan  gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan serta tema kebudayaan Indonesia seperti tarian, pemandangan alam, dan flora dan fauna pada bagian belakang seperti uang TE 2016.

Inovasi tersebut bertujuan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga semakin berkualitas dan terpercaya.

Pengeluaran uang TE 2022 yang bertepatan dengan momen hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-77 menjadi wujud semangat kebangsaan, nasionalisme terhadap pemulihan ekonomi Negara.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan peluncuran rupiah ini merupakan wujud nyata dan komitmen bersama untuk menyediakan mata uang yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat.

“Saya mengajak seluruh komponen untuk cinta, bangga, dan paham rupiah. Mari kita terus kobarkan optimis, semangat kebangsaan, dan komitmen untuk pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju,” kata Perry.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.