Sepanjang 200 Meter Bendera Merah Putih Berkibar di Bukit Wolo Ngadha

BAJAWA – Polres dan masyarakat Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama anggota pramuka Kabupaten Ngada dan masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih raksasa sepanjang 200 meter di atas bukit Wolo Ngadha yang berlokasi di Kelurahan Bajawa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Selasa (16/08/2022).

Kepala Polres Ngada AKBP Padmo Arianto menjelaskan, kegiatan pengibaran bendera raksasa dengan panjang 200 meter dan lebar 20 meter itu merupakan merupakan bentuk uersebut dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022.

Untuk sampai di puncak bukit itu, mereka membutuhkan waktu lebih kurang dua jam. Mereka mulai mendaki dari pukul 06.00 Wita dan pengibaran bendera dimulai sekitar pukul 09.00 Wita.

Kepala Polres Ngada AKBP Padmo Arianto menjelaskan, pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 200 meter itu merupakan bentuk dari semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia oleh personel Polres Ngada, anggota pramuka Kabupaten Ngada, dan masyarakat setempat.

“Pembentangan bendera Merah Putih raksasa ini merupakan bukti dan ungkapan rasa cinta masyarakat Kabupaten Ngada kepada perjuangan para pahlawan serta membangkitkan rasa nasionalisme dan rela berkorban bagi nusa dan bangsa,” ungkap Arianto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa malam.

Ia menyebutkan, personel Polres Ngada bersama pramuka Kabupaten Ngada dan warga masyarakat bahu-membahu memikul bendera Merah Putih ukuran raksasa itu dengan mendaki Bukit Wolo Ngadha yang terjal.

“Dengan upaya dan kerja bersama, kami berhasil membentangkan bendera Merah Putih raksasa ini, walaupun di puncak bukit kami diterpa angin yang sangat kencang. Kami bekerja cukup ekstra dan penuh berhati-hati,” ujarnya. Bendera Merah Putih raksasa, kata dia, setelah dibentangkan dapat terlihat dengan jelas dari jantung kota Bajawa. Hal itu akan menjadi perhatian masyarakat. “Ini adalah simbol kebangkitan putra-putri Ngada bersama aparat untuk semakin memperkokoh rasa persatuan dan kasatuan untuk Indonesia yang jaya,” imbuhnya.

Untuk diketahui, bukit Wolo Ngadha dipilih sebagai lokasi untuk membentangkan bendera raksasa karena di atas bukit ini ada spot foto yang bisa melihat seluruh Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada.

Demikian sebaliknya, warga yang tinggal di seputaran Kota Bajawa pun bisa melihat bentangan bendera raksasa ini dari depan halaman rumah tanpa harus mendaki ke bukit tersebut.

Pengibaran bendera raksasa ini juga untuk memupuk semangat nasionalisme dan cinta akan Tanah Air. Padmo berharap warga yang berada di garda terdepan NKRI agar tetap setia menjaga negaranya sepanjang masa.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.